Kata-Kata Soekarno tentang Pemuda

Kata-Kata Soekarno tentang Pemuda

Ir Soekarno merupakan pahlawan bangsa yang memiliki andil besar dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Dibalik sifatnya yang tegas dan disiplin, ternyata Soekarno atau biasa disebut dengan Bung Karno ini sangat mencintai buku. Pada setiap kesempatan, Soekarno selalu menyempatkan untuk membaca buku. Karena buku merupakan tempat ia bisa mendapatkan ilmu dan dasar pemikiran dari sisi penulis terhadap apa yang terjadi di masa kini.

Begitu pula dengan kemerdekaan Indonesia, Bung Karno selalu menggelora dalam menyuarakan semangat proklamasinya kepada para pemuda. Karena ia tahu bahwa nasib bangsa adalah ditangan para pemuda yang memiliki semangat jiwa dan patriotisme. Oleh sebab itu, setiap ucapan Bung Karno selalu menyelipkan semangat untuk para pemuda untuk terus maju.

Dengan semangat proklamasinya itu pula, ia menjadi presiden pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berikut ini beberapa kata-kata Soekarno tentang pemuda yang tidak boleh kita lupakan.

Sebagian orang percaya bahwa kata-kata bisa membuat kita semakin kuat. Terlebih lagi kata-kata tersebut sampai menyentuh hati dan jiwa kita. Begitulah pendekatan Bung Karno kepada para pemuda, ia senantiasa mengirimkan semangatnya untuk para pemuda dari dulu hingga kini.

Walaupun kini ia sudah tiada, namun setiap perkataannya akan selalu terngiang-ngiang dibenak para pemuda.

Berikut kata-kata Soekarno tentang Pemuda.

“Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan ku goncangkan dunia.”

Artinya: Melalui perkataan ini, Bung Karno mengharapkan masa depan dari Bangsa Indonesia. Karena peradaban dan kemajuan bangsa ada ditangan generasi muda. Karena bagaimanapun, sisi baik dan buruk dari suatu bangsa dapat dilihat dari bagaimana para pemuda menjalankan peranannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

“Jikalau seorang pemuda sudah menginjak umur 21-22 tahun dan mereka tidak pernah berjuang, tidak memiliki cita-cita, tak bergerak untuk tanah air serta bangsanya, maka ada baiknya pemuda tersebut digunduli saja.”

Artinya: Setiap pemuda harusnya memiliki semangat juang. Karena masa muda hanya terjadi satu kali dalam fase hidup. Jangan pernah menyia-nyiakan masa muda, karena pemuda adalah harapan bangsa. Bermimpilah setinggi-tingginya dan bergeraklah untuk tanah air. Karena dengan memiliki cita-cita adalah salah satu tujuan yang harus diperjuangkan oleh para pemuda. Karena semangat pemuda tiada tandingannya.

“Bangunlah satu dunia dimana seluruh bangsanya hidup dalam kedamaian dan persaudaraan.”

Artinya: Melalui ucapan ini, Bung Karno mengisyaratkan bahwa sangat penting bagi bangsa membangun rakyatnya atas dasar persaudaraan serta perdamaian. Apabila sebuah bangsa dibangun atas kedua dasar tersebut, maka akan cepat terwujud kehidupan yang damai serta sejahtera dengan. Hal ini sejalan dengan apa yang dicita-citakan Indonesia didalam konstitusinya.

“Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”

Artinya: Persatuan Indonesia dapat kita rasakan hingga kini karena kini Indonesia sudah bebas dari para penjajah. Hebatnya persatuan dapat membuat satu hal yang sebelumnya tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Melalui ucapan ini, Bung Karno ingin membuat para pemuda ikut merasakan hebatnya kekuatan persatuan. Sehingga kelak, Indonesia dapat terus menjunjung persatuan.

“Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.”

Artinya: Bung Karno ingin mengajak para pemuda untuk terus berjuang demi bangsanya. Tidak masalah berapa usiamu, kamu berhak membela dan memperjuangkan bangsamu. Mulailah dengan membangun cita-cita. Karena perjuangan kita selanjutnya adalah untuk membuat Indonesia lebih maju dari sebelumnya.

“Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.”

Artinya: Pancasila diciptakan bukan semata-mata pandangan Bung Karno saja. Namun Pancasila merupakan identitas bangsa yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dimana sebelumnya sudah melalui proses riset dan sesuai dengan tradisi yang ada di Indonesia.

Demikian beberapa kata-kata Soekarno tentang pemuda. Dengan perkataannya, beliau ingin mengirimkan semangatnya kepada para pemuda untuk terus bermimpi dan meraih mimpinya.

Indonesian Youth Pride : SHOP Now!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *