Kata-Kata Soekarno tentang Pancasila

Kata-Kata Soekarno tentang Pancasila

Pasti kamu sering mendengar istilah Pancasila sejak Sekolah Dasar, bukan? Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia. Melalui pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menetapkan tanggal lahirnya Pancasila. Dalam pidato tersebut, konsep dan rumusan awal Pancasila terbentuk. Hal ini dikemukakan langsung oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir Soekarno.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus menghapal dan mengamalkan Pancasila dalam kegiatan sehari-hari. Karena Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Dapat dikatakan, nilai-nilai dalam Pancasila merupakan nilai yang sudah tersistematis, fundamental serta menyeluruh.

Setiap pidato yang dipaparkan oleh Ir Soekarno pasti tidak pernah lepas dari pembahasan Pancasila, karena Pancasila merupakan ideologi negara. Diharapkan setiap warga negara Indonesia dapat meneladaninya agar dapat hidup dengan suka cita dan damai. Berikut kata-kata Soekarno tentang Pancasila.

Sebagai presiden pertama di Indonesia, Soekarno selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Indonesia. Karena seperti yang kamu ketahui, Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Sehingga seluruh rakyat Indonesia harus meneladaninya di setiap kegiatan sehari-hari.

Hal ini bertujuan agar rakyat Indonesia menjalani hidup dengan kedamaian dan kerukunan. Pancasila berisi 5 sila, yaitu sila pertama ketuhanan yang maha esa, sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab, sila ketiga persatuan Indonesia, sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan terakhir sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan kelima sila tersebut, kamu harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hidup kamu akan damai dan rukun dengan sesama warga negara. Selain kerukunan yang tercipta, ciri khas dari Indonesia juga tidak akan hilang, yakni gotong royong. Berikut kata-kata Soekarno tentang Pancasila.

“Sekarang banyaknya prinsip; kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima pula bilangannya.”

Artinya: Melalui pidatonya, Soekarno menyebutkan kalimat diatas untuk menginformasikan bahwa Indonesia memiliki prinsip yang disebut dengan Pancasila. Dimana Pancasila tersebut berjumlah 5 sila. Isi dari Pancasila juga mencakup seluruh informasi mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, baik itu mengenai nasionalisme, ketuhanan, kesejahteraan, kerukunan dan lain sebagainya.

“Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.”

Artinya: Melalui perkataan ini, Soekarno mengungkapkan betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Karena didalam kelima sila tersebut harus diamalkan oleh warga negara agar dapat hidup dengan damai dan rukun.

“Sila artinya asas atau dasar, dan atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Artinya: Soekarno memaparkan bahwa Pancasila merupakan dasar atau asas dari negara Indonesia. Ia berharap dengan adanya Pancasila, negara Indonesia dapat kekal dan abadi.

“Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.”

Artinya: Dalam pidatonya, Soekarno selalu mengungkapkan bahwa dengan bersatu kita dapat kuat dan bisa melawan segala halang rintangan yang dihadapi oleh Indonesia. Kekompakan tersebut juga membuahkan hasil. Pasalnya Indonesia berhasil merebut kemerdekaan dari bangsa asing yang menjajah Indonesia. Oleh karena itu, Soekarno mengatakan kuat karena bersatu, bersatu karena kuat. Sebab kekuatan akan terbentuk dari adanya persatuan setiap masyarakat Indonesia yang ingin bergerak maju.

“Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.”

Artinya: Kerukunan dan damai adalah harapan setiap para pahlawan untuk Indonesia. Karena dengan kedamaian, kita dapat mencapai tujuan lebih cepat. Terlebih lagi Indonesia dinilai memiliki sikap yang rukun dan saling tolong menolong. Itu semua dikarenakan Indonesia memiliki sifat persaudaraan yang sangat erat. Sebagai presiden pertama Indonesia, Soekarno pun membangun bangsa Indonesia dengan sifat damai dan persaudaraan. Dengan begitu kerukunan akan tercapai.

Demikian kata-kata Soekarno tentang Pancasila. Kita sebagai generasi bangsa, harus menekuni dan meneladani Pancasila sebagai dasar negara. Karena Pancasila memiliki manfaat yang cukup besar untuk kehidupan kita sehari-hari. Dan tidak lupa untuk terus hidup rukun, karena kerukunan akan membuat hidup kita lebih damai daripada terus bertengkar dengan sesama warga negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *