Kata-Kata Soekarno tentang Kemerdekaan

Kata-Kata Soekarno tentang Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peranan Ir Soekarno yang merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Perjuangan beliau membuat seluruh masyarakat Indonesia merasa bersyukur karena kini Indonesia sudah terlepas dari jeratan penjajah. Bertahun-tahun lamanya, Indonesia dijajah oleh negara Belanda serta Jepang.

Pada sat itu, rakyat Indonesia diberlakukan dengan kerja paksa atau kerja rodi. Seluruh hasil bumi dari Indonesia juga ikut dirampas oleh para penjajah.

Ir Soekarno atau biasa disebut dengan Bung Karno pun mulai menggerakkan Indonesia untuk terlepas dari jeratan para penjajah. Beliau berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Indonesia meraih kemerdekaan. Segala medan perjuangan ia lalui, bahkan ia sempat diculik ke Rengasdengklok. Pasti kamu semuda sudah mengetahui kisah tersebut, bukan?

Oleh karena itu, kemerdekaan Indonesia tidak akan pernah lepas dari peranan Bung Karno. Dan ia pula yang menjadi seorang proklamator kemerdekaan Indonesia pada saat itu. Dengan semangat juangnya, Bung Karno selalu mengobarkan semangat dengan kata-kata yang membuat setiap orang yang mendengarnya dapat merasakan semangat itu.

Berikut ini kata-kata Soekarno tentang kemerdekaan.

Jika kita sekilas membayangkan kembali mengenai kemerdekaan Indonesia pada saat itu, mungkin kita akan merasakan terharu sekaligus senang dengan kabar bahwasanya Indonesia telah merdeka. Maka dari itu, kita tidak boleh melupakan sejarah para pahlawan yang sudah bersusah payah untuk memperjuangkan Indonesia hingga merdeka.

Untuk selalu mengingat bahwasanya sejarah itu penting yaitu di sekolah kita selalu rutin mengadakan upacara bendera. Ini adalah salah satu bukti cinta kita untuk bangsa Indonesia. Tugas kita saat ini adalah tidak untuk berperang, namun kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan membawa nama Indonesia harum di kancah Internasional.

Kamu juga harus mengingat kata-kata Soekarno mengenai kemerdekaan. Karena beberapa kata tersebut dapat membuat kamu merasa termotivasi. Berikut kata-kata Soekarno tentang kemerdekaan.

“Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad “Merdeka, merdeka atau mati.”

Artinya: Melalui ucapan ini, Soekarno menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia tercipta dengan adanya semangat kemerdekaan dari para rakyat Indonesia. Karena pada saat itu rakyat Indonesia mengorbankan segalanya untuk bebas dari penjajah. Semangat inilah yang mengantarkan bangsa Indonesia menjadi merdeka hingga sekarang.

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Artinya: Pada saat Indonesia dijajah, maka musuh terbesar rakyat Indonesia adalah penjajah. Semua menyatu untuk memerangi penjajah sampai mereka keluar dari bumi pertiwi ini. Tetapi pada saat penjajah tersebut pergi, maka rakyat Indonesia akan menghadapi berbagai permasalahan.

Salah satunya adalah masalah persatuan. Terdapat berbagai masalah maupun cobaan yang terjadi, contohnya yaitu seperti masalah ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Permasalahan itulah yang menguji persatuan bangsa Indonesia. Segala perbedaan yang terlihat dapat membuat rakyat Indonesia menjadi terpecah belah hingga saling berperang.

“Nasionalis yang sejati, yang nasionalismenya itu bukan timbul semata-mata suatu copy atau tiruan barat akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan.”

Artinya: Sikap nasionalisme menurut Bung Karno yaitu yang memiliki tujuan untuk meraih kebahagiaan para rakyat Indonesia dan bukan hanya menggaung-gaungkan bangsa Indonesia di kancah Internasional saja. Oleh karena itu, Bung Karno ingin landasan paling dasar dari sikap nasionalisme Indonesia yaitu kemanusiaan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.”

Artinya: Bung Karno menegaskan bahwa kita sebagai rakyat Indonesia harus menghormati jasa para pahlawan. Kita juga harus memiliki semangat juang untuk bangsa Indonesia. Adapun sifat-sifat yang dapat kita ambil dari para pahlawan yaitu seperti sifat bertanggung jawab, berani, pantang menyerah hingga toleransi. Kita harus meneladaninya di kehidupan sehari-hari.

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”.

Artinya: Melalui ucapan ini, Bung Karno menyuarakan bahwa bangsa terkuat adalah bangsa yang rakyatnya memiliki keyakinan akan bangsa itu sendiri. Dengan keyakinan tersebut, akan sangat mudah bagi kita untuk terus meraih kemerdekaan.

Demikian kata-kata Soekarno tentang kemerdekaan. Kamu harus selalu meneladani sifat-sifat para pejuang yang pantang mundur untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Indonesian Youth Pride : SHOP Now!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *